Wajib Tahu, Ini Tanda WhatsApp Anda Terbajak

REFERENSINEWS.COM WhatsApp menjadi andalan lebih dari 2 miliar orang di lebih dari 180 negara untuk terhubung dengan teman dan keluarga. Kapanpun dan di manapun.

Ya, WhatsApp adalah aplikasi layanan bertukar pesan dan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel. Pun tersedia pada berbagai smartphone di seluruh dunia.

Hanya saja, masalah keamanan siber kerap terjadi. Seperti pembajakan pada platform oleh oknum tak bertanggung jawab.

Kejahatan siber ini bisa terjadi, bahkan WhatsApp bisa mereka ambil alih. Jadi perlu diingat untuk tidak memberikan kode OTP (One-Time Password) pada siapapun.

OTP adalah kode verifikasi atau kata sandi dinamis terdiri dari 4 maupun 6 digit angka unik dan rahasia. Biasanya, dikirimkan melalui SMS atau e-mail saat melakukan registrasi.

Berikut ciri-ciri akun WhatsApp terkena bajak sebagaimana dilansir ketiktek.com:

1 WhatsApp Tiba-tiba Keluar Sendiri dari Aplikasi

Patut curiga bila akun WhatsApp keluar sendiri dari aplikasi. Sebab WhatsApp belum meresmikan opsi menggunakan satu akun untuk lebih dari satu perangkat.

Penyebab WhatsApp keluar sendiri dari aplikasi adalah bila kode OTP tersebut digunakan untuk masuk atau memverifikasi.

Apabila ada OTP yang masuk ke nomor ponsel dan akun yang keluar sendiri, kemungkinan nomor ponsel yang terdaftar telah terkloning.

Tiba-tiba Pesan Terbaca Otomatis

Pesan yang masuk dan ternyata tiba-tiba sudah terbaca sendiri. Jika ini terjadi kemungkinan WhatsApp kamu terbajak.

Salah satu tandanya adalah tanda centang dua berubah menjadi biru. Namun ini bisa disembunyikan dengan fitur yang ada di dalam platform.