Cara Mendarat yang Benar Dalam Lompat Jauh Lengkap Dengan Teknik Agar Tidak Cedera

Referensinews.com – Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah dengan memahami langkah-langkah yang tepat.

Sebab, cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah kumpulan dari sejumlah teknik yang harus terus dilatih.

Ya, lompat jauh merupakan olahraga yang penilaiannya pada kesempurnaan lompatan atau pada cara mendarat yang benar dalam lompat jauh.

Yang mana, lompat jauh adalah jenis olahraga yang mewajibkan pelompat memiliki kecepatan, ketangkasan, serta kekuatan dalam melakukannya.

Kian jauh jarak mendarat pelompat, akan semakin baik nilainya.

Melansir dari beragam sumber, ada 11 cara mendarat yang benar dalam lompat jauh.

Kesempurnaan dari cara mendarat yang benar dalam lompat jauh dapat diperoleh dengan selalu berlatih keseimbangan dan kekuatan anggota tubuh bagian bawah.

Bila ingin melakukan cara mendarat yang benar dalam lompat jauh, pahamilah ukuran area mendarat lompat jauh.

Mendarat pada lompat jauh, dilakukan pada permukaan pasir yang berjarak 7-9 meter dengan lebar sekitar 2.75 meter.

Ukuran tersebut sesuai dengan standar Badan Atletik Dunia.

Berikut ini ulasan mendalam sebelas cara mendarat yang benar dalam olah raga lompat jauh.

Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh Adalah Dengan Memperhatikan Keseimbangan Tubuh

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah sangat penting diketahui supaya peserta lompat jauh tidak mengalami cedera.

Yang mana, memahami cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah memengaruhi kesempurnaan pelompat saat melakukannya.

Apabila hendak melakukan cara mendarat yang benar dalam lompat jauh, pahami ukuran area mendarat lompat jauh.

Mendarat pada lompat jauh, dilakukan pada permukaan pasir yang berjarak 7-9 meter dengan lebar sekitar 2.75 meter.

Ukuran tersebut sesuai dengan standar Badan Atletik Dunia.

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah penting bagi pelompat dengan mempunyai posisi keseimbangan tubuh.

Tubuh yang seimbang bakal menjadikan cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah menjadi lebih mudah dipraktikkan.

Yang mana, tubuh yang seimbang bisa didapat dengan latihan keseimbangan secara rutin.

Melansir dari berbagai sumber, cara mendarat yang benar dalam lompat jauh antara lain sebagai berikut:

1. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah memposisikan tubuh dengan lebih condong ke depan seiring dengan laju lompatan, kemudian kepala berada pada posisi tertunduk.

Baca Juga:  Tunduk 5-2 dari Madrid, Liverpool Butuh Keajaiban pada Leg Dua Liga Champions

2. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah saat melakukan pendaratan, pastikan bagian tubuh yang menyentuh tanah terlebih dahulu adalah tumit kaki atau kaki tumpuan yang sejajar dan jauh dari titik tolak.

3. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah ketika proses mendarat, penekanan dilakukan pada bagian tumit, kemudian kedua kaki di posisi lurus.

4. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah kedua kaki dipastikan berada di posisi yang lurus dan mulai mendorong tumit dan telapak kaki ke depan hingga pinggul bisa terangkat.

5. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah memperhatikan posisi lutut yang benar saat melakukan pendaratan, lakukan dengan posisi ditekuk.

6. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah mengusahakan bagian paha diangkat ke atas sedangkan tubuh dorong ke depan sampai menciptakan posisi membungkuk.

7. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah mengencangkan otot paha sampai posisi pinggul terangkat juga usahakan posisi kaki tetap tegak.

8. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah menghindari posisi jatuh lompatan lebih pendek dengan memaksimalkan keseimbangan kecondongan tubuh.

9. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah memperhatikan bahwa posisi badan condong ke arah depan, sebenarnya ini teknik agar keseimbangan lebih terjaga untuk mendarat.

10. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah pada bagian akhir, mengayunkan kedua tangan kemudian diluruskan ke depan, serta memastikan posisi tangan dalam kondisi yang siap untuk menopang badan ketika mendarat.

11. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah supaya bisa mendapat kesempurnaan, selain melatih keseimbangan, juga melatih kekuatan bagian bawah tubuh seperti otot perut, tungkai, juga pinggang.

Teknik Dasar Lompat Jauh Lengkap Dengan Penjelasannya

Penting untuk diketahui, kesempurnaan lompat jauh bisa diperoleh dengan penerapan teknik lompat jauh yang benar.

Berikut ini penjelasan teknik lompat jauh yang melansir dari beragam sumber:

Baca Juga:  Badak Lampung FC Keok Empat Kali Beruntun, Begini Dalih Sang Pelatih

1. Teknik Awalan

Awalan pada cabang olahraga lompat jauh sangatlah penting. Teknik awalan dapat menentukan sejauh apa lompatan yang akan terjadi.

Dalam teknik awalan, kalian wajib memulainya secara perlahan, kemudian meningkatkan kecepatan berlari hingga titik akhir sesaat sebelum melakukan lompatan.

Biasanya, dalam melakukan teknik ini, maksimal jarak yang boleh ditempuh yakni 45 meter.

Beberapa tips ketika melakukan teknik awalan adalah sebagai berikut:

– Lari dengan sikap yang biasa digunakan. Bisa dengan kaki sejajar, kaki kanan yang di depan atau sebaliknya. Lalu, sesuaikan ancang-ancang dengan kemampuan tubuh

– Posisi badan, khususnya pinggang lebih baik diturunkan sedikit. Hal ini berguna untuk menambah daya laju

– Lalu, seperti yang diungkapkan di atas, setelah memiliki ancang-ancang yang baik, mulailah secara perlahan dan berangsur-angsur menambah kecepatan berlari sebelum menginjak tumpuan yang tersedia di lapangan

2. Teknik Tolakan

Teknik tolakan merupakan sikap menumpu sebelum dilakukannya lompatan. Kalian harus menggunakan kaki terkuat untuk menjadi tumpuan supaya lompatan yang dilakukan bisa menghasilkan jarak yang jauh.

Pada teknik ini, sikap tangan untuk merespon lompatan juga cukup berpengaruh. Sehingga, sikap tangan kala melakukan tolakan adalah dihempaskan ke atas untuk memudahkan kalian ketika terbang di atas lapangan.

3. Teknik Melayang

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada tiga teknik yang digunakan ketika melayang. Mulai dari gaya jongkok, gaya menggantung, hingga gaya berjalan di atas air.

Gunakanlah gaya yang sesuai dengan kenyamanan kalian. Sebab, dalam teknik melayang yang diperlukan adalah keseimbangan badan. Alhasil, jika teknik tersebut tidak cocok, maka jarak yang lompatan tidak akan jauh.

4. Teknik Pendaratan

Teknik pendaratan adalah sikap jatuh yang dilakukan usai melakukan tolakan. Biasanya pendaratan dilakukan dengan lutut yang sedikit dibengkokkan sembari menjaga keseimbangan tubuh.

Kemudian, ketika mendarat, biasakan tumit kaki mendarat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko cedera kaki bila melakukan pendaratan menggunakan jari-jari kaki.

Latas pahamilah juga jenis-jenis gaya pada lompat jauh. Dalam buku berjudul Ensiklopedi Olahraga Atletik, Lompat Jauh hingga Tolak Peluru (2021) oleh Atma Endris, ada tiga gaya lompat jauh yang perlu diketahui:

Baca Juga:  Bayern Munich Lumat Bremer SV 12-0!

1. Gaya Jongkok (Tuck)

Gaya jongkok adalah jenis gaya yang paling umum digunakan oleh para atlet. Dalam penggunaan gaya ini, kalian wajib untuk menekuk kaki kala melayang di udara (membentuk sikap jongkok) pasca tolakan satu kaki di awal melompat.

Lalu, sikap tangan kala melayang di udara harus sejajar. Kedua tangan harus lurus ke depan sejajar dengan bahu dan siku yang sedikit dibengkokkan.

Sesaat usai mencapai titik akhir lompatan, sikap tangan diarahkan ke depan untuk menjaga keseimbangan saat mendarat.

2. Gaya Menggantung (Hang Style)

Gaya menggantung menjadi salah satu alternatif dari gaya jongkok. Gaya ini mencoba merepresentasikan tubuh yang melayang dengan indah di udara.

Dalam penggunaannya, sesaat pasca melakukan tolakan menggunakan satu kaki, kalian harus menekuk kaki secara cepat ke arah belakang, lalu meluruskannya ke depan bila ingin mendarat.

Sementara, sikap tangan pada gaya menggantung tak jauh berbeda dari gaya jongkok. Kedua lengan harus berada sejajar menghadap ke atas saat melakukan tolakan pertama dan berangsur-angsur menurun bila ingin mendarat di bak lompat.

3. Gaya Berjalan di Udara (Walk in the Air)

Tak hanya gaya jongkok yang kerap digunakan, gaya berjalan di udara menjadi salah satu gaya terpopuler saat ini. Sebab, gaya ini dinilai dapat membuat lompatan menjadi lebih jauh dan memungkinkan para atlet memecahkan rekor.

Dalam penggunaannya, kalian harus memiliki awalan yang cukup dengan berlari sesuai timing yang ditentukan dan langsung melakukan tolakan dengan satu kaki.

Ketika berada di udara, kalian harus membayangkan atau memperagakan diri tengah berjalan di udara. Semakin lama bisa berjalan di udara, maka hasil lompatan akan semakin baik.

Lalu, sikap tangan ketika berada di udara diarahkan ke atas guna memaksimalkan peran kedua kaki.

Kemudian , ketika sudah mencapai titik akhir, sikap tangan di arahkan ke depan atau sedikit ke bawah dan wajib mengikuti arah tumpuan kaki.

Demikianlah ulasan terkait cara mendarat yang benar dalam lompat jauh yang wajib diketahui agar mendapat hasil maksimal dan jauh dari kata cidera. (rn1)

Komentar