oleh

Korsel Punya Cara Unik Awasi Mantan Napi Kejahatan Seksual

Referensinews.com – Pelaku pelecehan seksual di Korea Selatan mendapat perlakuan tak biasa. Mereka yang telah menjadi mantan narapidana pelaku pelecehan seksual mendapat “hadiah” gelang kaki elektronik. Tujuannya: guna memantau agar tidak kembali melakukan kejahatan serupa.

Melansir Isptimes.com, aturan tersebut berlaku sejak 2008. Gelang tersebut bahkan harus terpakai dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu 10 tahun setelah pelaku bebas dari penjara.

Para mantan pelaku pelecehan seksual mendapat pengawasan pihak berwajib selama 24 jam –setelah memakai gelang¬†tersebut.

Meski demikian, penerapaan gelang kaki ini dinilai tak bisa sepenuhnya mencegah kejahatan yang sama kembali terulang. Namun, setidaknya bisa meminimalisir kejahatan serupa.

Baca Juga:  Fix! Cristiano Ronaldo ''Pulang" ke Manchester United

Melansir Koreatimes.co.kr, salah satu narapidana pernah melepas gelang kaki elekroniknya dan kemudian membunuh dua perempuan. Dari sisi kecanggihan mungkin tak terkalahkan, namun gelang kaki ini miliki kelemahan, yaitu mudah terpotong.

Meskipun narapidana tersebut sempat melarikan diri, ia akhirnya berhasil terciduk pihak kepolisian.

Terkait penggunaan gelang kaki elektronik ini, pada awalnya hanya menyasar pelaku pelecehan seksual. Namun, pada akhirnya pelaku kriminal lainnya juga harus menggunakan gelang tersebut. (rn1)

Komentar