Tingkatkan Pengetahuan Mahasiswa, PT GMB Gandeng HMTA Balakosa Itera Terkait Kerjasama Webinar Bidang Pertambangan

Referensinews.com – PT Geo Mining Berkah (GMB) kian menunjukkan kepeduliannya kepada mahasiswa di Lampung.

Terbaru, rasa kepedulian ditunjukkan PT GMB kepada mahasiswa dengan menjalin kerjasama bersama Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTA) Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Ya, HMTA Itera memperoleh kepercayaan dari PT Geo Mining Berkah (GMB) untuk menggelar diskusi webinar terkait pertambangan.

Bahkan, tak hanya satu kali, HMTA dipercaya oleh PT GMB untuk menggelar diskusi webinar hingga kurun satu tahun kedepan.

Ya, kesepakatan itu resmi ditandatangani kedua belah pihak dalam sebuah Memorandum of Understanding (MoU) yang disetujui kala para pihak bertemu di Hotel Aston, Bandar Lampung, Minggu siang, 26 November 2023.

“Dalam MoU yang kami tandatangani, kerjasama ini akan berlangsung hingga satu tahun kedepan,” sebut Direktur PT GMB Ir. Wisnu Salman ST. C. EIA, kepada awak media.

Baca Juga:  Angka Pengangguran di Bandar Lampung Tertinggi di Lampung, Ini Pesan Khusus Wiyadi untuk Pemkot

Ia menhjelaskan, nantinya webinar dengan pemateri yang didatangkan oleh PT GMB akan berlangsung setiap dua bulan sekali.

“Kenapa harus dua bulan sekali, tujuannya salah satunya agar tidak ada kejenuhan dari pihak peserta. Dan kami yakin teman dari HMTA Itera bisa mengemas webinar dengan hangat dan menarik,” sebut pria yang dikenal humble tersebut.

Alasan lain mengapa harus dua bulan sekali, karena pihaknya pun tidak ingin hal ini mengusik akademik dari para mahasiswa yang berlaku sebagai panitia.

“Jadi yang pasti kan mahasiwa sebagai panita butuh waktu, juga komunikasi dan sosialisasi. Sehingga sudah tepat bila webinar ini kami gelar setahun enam kali,” ungkapnya.

Terkait peserta, pria yang juga Direktur Asosiasi Tambang Batuan Indonesia (ATBI) ini yakin bisa menjangkau banyak mahasiswa untuk turut serta dalam webinar nantinya.

Baca Juga:  Alhamdulillah, BLT PKL Rp1,2 Juta Segera Cair

“Terakhir, alhamdulillah webinar kami dihadiri oleh sekitar 540 peserta. Harapannya bisa selalu ramai seperti itu, atau bahkan lebih,” imbuhnya.

Guna mencapai target peserta, setidaknya ada tiga faktor penting yang akan selalu ia dan pihak HMTA Itera terapkan.

“Yang pasti saya dan teman-teman HMTA Itera akan selalu memperhatikan faktor tema, pembicara, serta perfect timing. Semisal jangan sampai webinar berlangsung saat mahasiswa sedang disibukkan dengan ujian,” bebernya.

Wisnu pun menjelaskan bahwa kerjasama ini dilakukan dengan tujuan membantu dan memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu lebih dalam dari ahlinya.

Sebab, lanjut Wisnu, pihaknya berjanji akan mendatangkan tokoh penting serta expert di bidang pertambangan guna memperkaya pengetahuan mahasiswa.

“Jadi harapannya teman-teman di Sumatera ini mendatat ilmu lebih dan komplit dalam pertambangan dari ahlinya. Yang dalam hal ini teman mahasiswa Itera menjadi motor dari webinar yang saya yakin akan berlangsung dengan luar biasa ini,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dosen Itera Beri Pelatihan Inovasi Keripik Kulit Manggis Beserta Digital Marketing di Kota Agung Timur

Istimewanya, pihaknya membuka diri kepada universitas lain untuk bekerjasama dengan PT GMB.

“Ya, kami membuka diri untuk bekerjasama dengan universitas lain. Tidak ada kualifikasi khusus, asal mereka memiliki minat serius dan antusias untuk belajar. Itu saja kuncinya,” tandas Wisnu.

Sementara, Jefri Elkana selaku perwakilan HMTA Itera mengaku sangat senang lantaran momen ini menurutnya sangat berarti bagi kedua belah pihak.

Sebab, kata dia, MoU ini sangat baik untuk perjalanan HMTA Balakosa Itera kedepannya.

“Kami akan menjamin komitmen kami terhadap ATBI dan PT GMB mengenai MoU ini. Semoga kedepannya hal-hal yang sudah kita rancang dan sepakati dapat berjalan lancar dan sukses. Aamiin,” tandasnya. (*/rls)

Komentar