Ketua Komisi III DPRD Bandar Lampung: Pancasila Wajib Dipahami Semua Kalangan!

Referensinews.com – Di tengah perkembangan teknologi yang kian maju dan berkembang, pancasila sebagai dasar negara perlu dikenalkan ke setiap kalangan.

Sebab, di dalam pancasila terdapat lima sila yang bisa dijadikan sebagai pegangan hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Karenanya, Ketua Komisi III DPRD Bandar Lampung Dedi Yuginta menggelar sosialisasi pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan (IPWK), pada Jumat 17 Maret 2023.

Sosialsiasi itu diikuti ratusan warga dari empat kecamatan, yaitu Tanjungkarang Barat, Tanjungkarang Pusat, Tanjungkarang Timur, dan Enggal.

Menurut Dedi Yuginta, sosialisasi pembinaan IPWK dikhususkan kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan para orang tua.

Dengan menyasar tokoh dan orang tua, menurut Dedi Yuginta, agar dapat meneruskan secara berjenjang kepada warga di lingkungan masing-masing.

Baca Juga:  Kepergok Curi Ayam Tetangga, Basir Tetap Tak Mau Mengakui

Bahkan hingga ke lingkup terkecil keluarga termasuk anak-anaknya.

Sebab, lanjut Dedi Yuginta, pemahaman dan pendidikan pancasila wajib diketahui oleh semua kalangan.

Pemahaman yang dilakukan pihaknya, menurut Dedi Yuginta, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat lewat sosialisasi empat pilar.

“Kita juga mensosialisasikan pendidikan Pancasila, sejarah Pancasila, Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila sebagai ideologi bangsa, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai sistem etika, dan Pancasila sebagai dasar nilai pengemban ilmu,” ucapnya.

Ia berharap, melalui sosialisasi ini diharapkan para tokoh dan orang tua dapat ikut memberikan pemahaman di lingkunganya tentang pancasila, UUD 1945, NKRI dan paham terhadap Bhinneka Tunggal Ika sebagai satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan bersatu. (rn1)

Baca Juga:  DPRD Bandar Lampung Gelar Sosialisasi Uji Publik Raperda Penataan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif

Komentar