Gelar Paripurna Istimewa HUT ke-342 Kota Bandar Lampung, DPRD Tekankan Pentingnya Penguatan SDM hingga Ekonomi Berkelanjutan

Referensinews.com – DPRD Bandar Lampung menggelar paripurna istimewa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bandar Lampung ke-342 tahun 2024, Sabtu 15 Juni 2024.

Paripurna tersebut dihadiri segenap pimpinan dan anggota DPRD Bandar Lampung, perwakilan Pemprov Lampung, Forkopimda, Camat, juga lurah se-Kota Bandar Lampung.

Tema paripurna yang diusung kali ini adalah Penguatan Pembangunan Sumberdaya Manusia (SDM), Infrastruktur Perkotaan, dan Ekonomi yang Terintegrasi dan Berkelanjutan.

Wakil Ketua DPRD Bandar Lampung Aderly Imelia Sari, yang memimpin paripurna dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pemkot dan semua masyarakat yang memperingati HUT Kota Bandar Lampung ke-342 tahun 2024.

Menurut Aderly, menyambut masa depan yang lebih baik, Kota Bandar Lampung tentu akan semakin banyak menghadapi tantangan.

Karenanya, diperlukan sinergi dari semua elemen masyarakat agar dapat memacu laju pertumbuhan Kota Bandar Lampung yang lebih baik.

Baca Juga:  Pemkot Bandarlampung Usulkan Satu dari 7 Raperda di Tahun 2022

Aderly berharap momen HUT Kota Bandar Lampung tidak sebatas peringatan seremonial semata.

Melainkan harus menjadi sarana momentum instrospeksi dan melihat kembali terhadap pelaksanaan pembangunan pemerintah yang lebih baik.

“Melalui peringatan HUT Kota Bandar Lampung ke-342, ayo kita tingkatkan kualitas pembangunan SDM, infrastruktur perkotaan, dan ekonomi yang terintegrasi dan berkelanjutan,” ajaknya.

Tak lupa, Aderly mengajak semua pihak untuk bersinergi mewujudkan Bandar Lampung yang lebih baik ke depan.

“Kami selaku perwakilan masyarakat berharap Kota Bandar Lampung bisa lebih baik lagi serta semakin memberi rasa aman dan rasa nyaman bagi masyarakatnya,” ujar Aderly.

Kenyamanan yang dimaksud, kata dia, dalam hal mencari nafkah, bekerja, bersosialisasi, juga menempuh pendidikan.

Serta aman dalam arti kata jauh dari kriminalisasi dan jauh dari hal-hal yang bersifat negatif.

Baca Juga:  Program RJIT Kementan Terbukti Membantu Poktan di Lampung Tengah

Menurutnya, pihak legislatif pun berkomitmen selalu melaksanakan fungsinya dalam hal pengawasan, anggaran, dan menelurkan peraturan daerah.

Sementara, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana dalam sambutannya menuturkan, Pemkot Bandar Lampung memiliki sejumlah program guna mewujudkan SDM yang lebih baik, infrastruktur, dan pembangunan ekonomi.

Di mana, memanfaatkan postur anggaran yang ada, tentunya banyak program yang dilaksanakan.

Pada bidang pendidikan, Eva mengatakan bahwa Pemkot Bandar Lampung berkomitmen memberikan program sekolah gratis bagi siswa SD dan SMP.

Bahkan pihaknya memberi beasiswa bagi pelajar SMA/SMK hingga masuk ke perguruan tinggi.

Lalu dari segi kesehatan, ada program berobat gratis, ambulan gratis, serta bantuan kepada warga yang kurang mampu.

Kemudian dari segi infrastruktur, Eva mengatakan pihaknya merealisasikan rencana pembangunan gedung Pemkot Bandar Lampung yang ditujukan untuk melayani masyarakat dengan optimal.

Baca Juga:  Soroti Dugaan Polusi Lingkungan, Komisi III: Investor Jangan Justru Rugikan Masyarakat!

Lalu dari sisi ekonomi, Eva menuturkan bahwa pihaknya mengupayakan peningkatan pertumbuhan ekonomi dengan beberapa kriteria. Seperti meningkatkan investasi, menambah lapangan kerja, juga memberi bantuan modal bagi pelaku UMKM.

Di sisi lain, Eva menyebut bahwa Bandar Lampung memiliki sejumlah tantangan dalam menghadapi masa depan, mulai dari segi ekonomi hingga pembangunan SDM.

Terkait hal itu, menurutnya sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat menjadi sangat penting untuk kelancaran dan efektivitas program pembangunan.

Kini, di momen HUT Bandar Lampung ke-342, Eva berharap semua pihak dapat melakukan introspeksi dan mawas diri atas kontribusi mereka kepada negara, bangsa, dan masyarakat.

“Peringatan HUT ini harus menjadi momentum untuk semakin memantapkan dan memperkokoh tekad juga semangat pengabdian dalam membangun kota kita yang lebih maju dan modern,” tukasnya. (adv)

Komentar