oleh

Gramatika VS SEO, Ini yang Harus Diperhatikan Content Creator

Referensinews.comGramatika merupakan ilmu dasar kebahasaan yang paling dasar.

Demikian ditegaskan Mentor Pelatihan ProMedia Teknologi Agil Hari Santoso, dalam pelatihan content creator sesi kedua yang digelar ProMedia, via Zoom, pada Senin, 1 November 2021, melansir Bandarlampungpost.com.

Menurut Agil, kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan modal utama seorang content creator. Meski memang menurutnya, kemampuan menulis menggunakan bahasa Indonesia sesuai gramatika dan kaidah adalah hal yang sulit.

Tak jarang, kata dia, penggunaan kata, kalimat, atau diksi yang keliru kerap menimbulkan masalah. Guna menghindari penggunaan kata yang salah, menurutnya ada sejumlah situs yang bisa menjadi panduan untuk membantu content creator.

Pertama, ada KBBI daring yang dapat terakses via kbbi.kemdikbud.go.id. Dari situ ini content creator bisa mengetahui kata baku dan non baku dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga:  Kena PHK Bisa Dapat BSU, Ini Syaratnya

Kedua, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dengan membuka situs puebi.readthedocs.io. Situ ini bisa menjadi pedoman serta acuan meliputi penulisan kata, tanda baca, serta pengunaan kata serapan.

Komentar